Jumat, 18 Maret 2016

Ikan Panggang khas Waduk Kedungombo

Saya rada bingung menggunakan terminologi dari dua kata ini :  panggang atau bakar, namun saya akan lebih suka menyebutnya dengan ikan panggang. Kenapa,  karena proses pembuatannya ini benar-benar tidak disentuh dengan api, hanya menggunakan panas dari bara arang yang memnbutuhkan kesabaran ekstra sehingga kematangan ikan panggang ini benar-benar memberikan kesan matang secara lambat dan jauh dari gosong akibat jilatan api seperti yang biasanya kita lihat. Kenikmatan dan kelezatannya bisa makan ikan ini sungguh pengalaman yang berharga apalagi sambil melihat landscape di  Waduk Kedungombo Kecamatan Sumberlawang Sragen. Apa sich yang membuat saya mengangkat kelebihan dari kuliner ikan panggang Waduk Kedungombo secara khusus ini?

  • Yang pertama tentu karena ikan nila segar ini tanpa di goreng (no frying oil) sehingga kuliner ini benar-benar sangat eksklusif - tidak semua warung mau memasak dengan cara demikian karena membutuhkan waktu dan kesabaran - sampai air dalam tubuh ikan ini tiris dan dagingnya matang.
  • Kedua  pemakaian bumbu yang sederhana sehingga citarasa yang dihasilkanyapun benar-benar berbeda dari produk resto modern di kota-kota besar yang pada umumnya sangat mudah kita jumpai. Kalau saya ngga berlebihan untuk menganalogikannya, ikan ini rasanya sangat tradisional layaknya olahan para pemancing atau seperti kembali ke zaman retro - coba bayangkan ya, paduan rasa manis, gurih, tekstur daging yang gempi (padat kesat dan kenyal tetapi empuk mudah di gigit), aroma dari kamijara (sereh), warna kuning kunir untuk menghilangkan amis sekaligus meningkatkan bentuk visualnya.
  • Ketiga : olahan ini sehat jauh dari food additive, murah dan mudah di ketemukan di sepanjang waduk dan dijual secara massive oleh penduduk. Namun demikian seleksi alam dan selera pembeli menjadikan satu dan lainnya berbeda - referensi saya ada di warungnya Mbak Pur (no handphone : ada juga - request in box ya)
Ikan Nila di Warungnya Mbak Pur - Kedungombo Sumberlawang Sragen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar